Sabtu, 05 Agustus 2017

Budidaya Ikan Pemula



Ringkasan Dasar Untuk Memulai Budidaya Ikan Untuk Pemula

+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++

Hai ketemu lagi setelah sekian lama tidak menulis blog akhirnya penulis ingin berbagi sekaligus belajar sesuatu yang baru bersama-sama. Kali ini penulis ingin sekali mengulas tentang budidaya ikan, tentu saja keinginan penulis untuk menuju sesuatu yang sering disebut-sebut orang yaitu kesuksesan. Penulis memilih budidaya ikan karena menurut penulis dan menurut beberapa blog atau sumber yang telah penulis baca sebagai referensi budidaya ikan merupakan usaha yang cocok untuk penulis nantinya, kenapa?. Menurut penulis yang pertama budidaya ini minim resiko meski kemungkinan nanti pada kenyataannya akan mengalami bermacam hambatan pula. Yang kedua tidak terlalu membutuhkan banyak perlatan atau tenaga, tidak seperti ayam yang suka kabur susah nangkepnya, ikan ini ya udah di air aja kan ga punya kaki hehe. Yang ketiga karena penulis sudah punya tanah kosong and belum tau buat ngapain, alias belum kuat bangun rumah. Yang keempat nah karena belum kuat bangun rumah ya kan idenya mesti investasi atau cari tambahan dengan wirausaha nah budidaya ikan ini kelihatannya cocok hehe. Dan yang kelima Ikan itu enak dilihat kalau dipandang, kalau kita memandang ikan-ikan di kolam langsung terbayang kita ada di alam yang indah dan tenang itu *bayangkan ya.. Dan yang keenam karena ikan itu simbol dari Pisces, yang ini sih maksa banget sih ya, tapi gpplah cari alasan apapun yang bisa menggerakkan niatmu untuk sesuatu yang positif sip bro. Yang terkhir, banyaknya teman-teman dari penulis yang masih belum mempunyai pekerjaan tetap, semoga nantinya dengan membuka budidaya ini penulis bisa membuka lapangan kerja bagi yang membutuhkan, ngimpi kejauhan sih ini mulai aja belum..hahaha...  Dah ya cuat cuitnya langsung aja penulis kasih ringkasan seputar ikan yang penulis dapatnya dari beberapa sumber, semoga membantu kalian semua yang membutuhkan informasi seputar ikan.. sip lah..

Ada tiga modal yang harus dimiliki yakni pertama modal kepepet. Menurutnya, orang yang kepepet biasanya memiliki tekad yang bulat untuk usaha dan punya keinginan besar.
Kedua, harus menyukai usaha yang digeluti. “Kalau dia sudah senang dan hobi, dalam hasil usaha akan ada sentuhan hatinya. Ada masalah apapun, dia akan berusaha bertahan dan tidak mudah putus asa. Modal terakhir adalah ketekunan dalam mengembangkan usaha. Soal permodalan uang bukan hal utama. Modal dana akan datang dengan sendirinya jika wirausahawan menunjukkan apa yang dia kerjakan berguna bagi orang lain.
sumber : http://www.invis-a-vision.com/2015/08/cara-budidaya-ikan-gurame-agar-cepat.html 

Beberapa sarana yang perlu disiapkan dan diperhatikan untuk memulai budidaya ini yaitu : kolam dengan lokasi pembuangan air yang mudah, benih yang sehat, pakan yang mengandung protein, maintenance kolam seperti pengeringan berkala agar terhindar dari penyakit.
sumber : http://www.invis-a-vision.com/2015/08/cara-budidaya-ikan-gurame-agar-cepat.html

Ada beberapa kiat sukses untuk budidaya ikan ini meskipun kita masih pemula sekalipuny, yang pertama yaitu kita perlu belajar dari teman atau peternak ikan yang sudah sukses, hal ini dikarenakan beternak merupakan suatu kegiatan yang berhubungan dengan nyawa disini adalah nyawa ikan ya, faktor-faktor yang dapat mempengaruhi antara lain perubahan iklim yang drastis, penyakit atau wabah yang datang tiba-tiba. Para peternak suskses biasanya mereka sudah berpengalaman dan tidak sedikit kemungkinan dari mereka juga sudah melakukan studi tersendiri tentang peternakan. Yang kedua yaitu milikilah cadangan, sisihkanlah sedikit keuntungan untuk berjaga-jaga jika nantinya terkena musibah besar yang membuat habis semuanya, sehingga tetap dapat meneruskan usaha ini dengan dana cadangan dan kembali sukses.
sumber : http://youdknow.blogspot.co.id/2014/08/peluang-usaha-budidaya-gurami.html

Adapun hal-hal lainnya yang perlu diperhatikan sebelum memulai usaha ini yaitu penyebab kegagalan usaha. Antara lain kematian karena wabah, pencurian, iklimyang berubah drastis, suasana kolam yang tidak stabil ataupun bising juga bisa membuat ikan stress, harga jual yang murah, biaya pakan ikan yang mahal, dan bisa juga karena benih yang kurang bagus.
http://lautlele.blogspot.co.id/2015/04/penyebab-kegagalan-budidaya-lele.html

Di zaman ilmu pengetahuan yang sudah semakin maju ini sudah wajib hukumnya kita memanfaatkan segalam macam kebaikan dan kemudahan yang didapatkan untuk hal-hal yang sifatnya positif. Beberapa teknologi yang bisa dimanfaatkan antara lain. Teknologi sistem resirkulasi (memanfaatkan proses nitrifikasi dari bakteri. Dgn sistem ini limbah dari sisa pakan maupun hasil metabolisme berupa Amoniun dikonversi menjadi komponen yang lebih dapat ditoleransi oleh ikan yaitu nitrat.  dan selanjutnya nitrat dapat digunakan untuk bahan pupuk), teknologi probiotik (teknologi ini  diyakini mampu meminimalisir limbah (terutama pada budidaya udang). Bakteri dari genus Bacillus, banyak membantu dalam proses perbaikan mutu air tambak karena mampu menkonversi bahan organik menjadi komponen terurai lainnya yang lebih ramah), Teknologi bioflok (Teknologi menerapkan keseimbangan unsur organik dalam air ini ini sudah banyak diterapkan, baik pada ikan air tawar maupun pada udang di tambak. Teknologi ini dapat menekan konversi pakan ikan atau udang shg akan mengurangi buangan ke lingkungan), teknologi akuaponik (Teknologi ini juga mulai banyak dikembangkan, karena dinilai mampu meminimalisir limbah hasil budidaya. Unsur hara (biasanya didominasi unsur Nitrogen) akan diserap oleh tanaman melalui akarnya. Jenis tanaman yang digunakan diantaranya adalah tanaman air seperti kangkung), teknologi yumina (Teknologi ini dikembangkan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan kelautan dan Perikanan. Prinsip dasar dari teknologi tersebut hampir sama dengan teknologi akuaponik. Teknologi ini bahkan sudah diadopsi oleh FAO sebagai teknologi rekomended untuk dikembangkan),
Teknologi satiation feeding (Teknologi ini dikembangkan oleh ASA (American Soybean Association). Teknologi tersebut diambil dari negeri Tiongkok. Logikanya adalah ikan tidak diberikan pakan kenyang setiap hari, namun hanya pada level 90 % saja. Sehingga tidak ada makanan yang tersisa karena tidak dimakan, kemudian metabolisme ikan lebih baik), teknologi pakan terapung (Dengan menggunakan pakan ikan terapung, maka dapat lebih mudah mengontrol jumlah pakan yang diberikan kepada ikan. Hal ini karena pakannya terapung sehingga dapat dilihat dengan mata. Namun teknologi ini hanya untuk ikan-ikan yang makan di permukaan saja, tidak cocok untuk tipe demersal seperti udang), Teknologi proteinsparring (teknologi ini menggantikan sumber energi utama untuk pakan dengan menggunakan karbohidrat bukan dari protein. Gagasan tersebut muncul karena adanya imbauan untuk menekan pengggunaan tepung ikan sebagai bahan baku utama untuk pabrik pakan), teknologi bioremediasi (Teknologi ini digunakan untuk memperbaiki kualitas suatu lingkungan dengan menggunakan mikroorganisme. Prinsipnya, ada banyak jenis dan jumlah mikroba di alam yang masing-masing memiliki kemampuan adaptasi dan fungsi yang spesifik yang dapat kita manfaatkan untuk pemulihan lingkungan).
https://ndkbluefin89.wordpress.com/2016/05/27/10-teknologi-budidaya-ikan-ramah-lingkungan/


Sekian dulu ya man-teman ringkasannya, mungkin lain kali akan penulis tambahkan jika ada waktu luang ataupun sudah mulai nyata untuk memulainya. Sip semangat terus apa pun karyamu, sekecilpun itu lakukanlah mulailah selagi itu tidak membebani orang lain dan lebih baik lagi jika bisa berguna untuk orang lain. 



Hidup kita adalah Milik kita, Tanjung jawab kita, dan Hak kita untuk menjadi Sukses apapun status kita. SEMANGAT UNTUK KITA SEMUA !!! MERDEKAAAAA !!!!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar